EVALUASI KINERJA SUPPLIER BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE VENDOR PERFORMACE INDICATOR DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus di PT IGASAR)

Peni Shoffiyati, Arifin Muslim

Abstract

PT. IGASAR merupakan salah satu perusahaan yang berafiliasi dengan PT. Semen Padang dimana selama ini sistem evaluasi supplier masih menggunakan penilaian berdasarkan subjektifitas. Evaluasi supplier menjadi salah satu faktor penting dalam supply chain. Tujuan penelitian ini adalah merancang Vendor Performance Indicator (VPI) yang dibutuhkan oleh perusahaan, mengukur dan mengevaluasi performansi supplier supplier dengan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian diperoleh sebuah rancangan sistem evaluasi supplier yang meliputi 12 IKP sebagai indikator kinerja supplier batu mangga yaitu : Quality meliputi ketepatan jenis bahan yang dikirimkan, dan ketepatan ukuran, Cost meliputi harga barang, dan besaran potongan harga, Delivery meliputi ketepatan kuantitas barang yang dikirimkan, dan waktu pengiriman, Flexibility meliputi dipenuhinya perubahan jumlah material yang dipesan, dipenuhinya perubahan waktu pengiriman, dan dipenuhinya penggantian material yang tidak sesuai, dan Responsiveness meliputi respon supplier terhadap masalah atau keluhan, respon supplier terhadap perubahan jumlah permintaan, respon supplier terhadap perubahan jadwal pengiriman. Ketiga supplier batu mangga memiliki skor kinerja sebesar 89 persen yang berada pada zona kuning dimana perlu ditingkatkan.

Kata kunci : evaluasi, kinerja supplier, VPI, AHP

References

Choy and Hartley. 1996. An Exploration of Supplier Selection Practice Across the Supply Chain, Journal of Operation Management, Volume 14, Number 14, pp. 333-343(11), Elesevier.

Ciptani, M, K. 2000. Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar. Jurnal akuntansi dan keuangan Vol.2 ,No.1

Dickson, G. W. 1966. An Analysis of Vendor selection System and Decision. Journal of Purchasing . Vol: 2, Issue: 1.

Mahsun, M, 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Penerbit BPFE,Yogyakarta.

Pujawan, I, N. 2005. Supply Chain Management . Suarabaya: Penerbit Guna Widya.

Saaty, T, L. 1993. The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pittsburgh:University of Pittsburgh Pers.

Sony, Y dkk. 2004. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard : Menuju Organisasi Yang berfokus Pada Strategi. P.T. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.