ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL UAS PRAKTIKUM BAHASA INGGRIS (LISTENING) JURUSAN MANAJEMEN LOGISTIK INDUSTRI AGRO POLITEKNIK ATI PADANG

Rizaldi Sardani, Silvia Indriani

Abstract

Listening merupakan skill pertama yang dimiliki seseorang dalam berbahasa. Listening juga merupakan salah satu skill yang diujikan dalam mata kuliah Bahasa Inggris. Banyak mahasiswa Jurusan MLIA Politeknik ATI Padang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal ujian akhir praktikum listening Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat kesulitan soal ujian akhir praktikum Bahasa Inggris agar dapat dijadikan input untuk perbaikan pengajaran materi kuliah. Hasil penelitian menunjukkan dari 33 buah soal ujian terdapat 15 buah soal yang berada pada rentang 0,76-1,00 dan termasuk soal dengan kategori mudah, 6 buah soal berada pada rentang 0,26-0,75 dan termasuk ke dalam soal dengan kategori sedang, dan 12 soal merupakan soal dengan kategori sulit yang berada pada rentang 0,00-0,25. Secara umum dapat disimpulkan bahwa soal ujian akhir semester praktikum listening jurusan Manajemen Logistik Industri Agro mempunyai tingkat kesulitan 0,53 dan berada pada rentang 0,26-0,75 sehingga termasuk soal dengan kategori sedang

References

Brown, H Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc

Celce-Murcia, Marianne et al. 2001. Teaching English as a Second or Foreign Language 3rd edition. USA: Heinle & Heinle Publisher.

Gay, L.R & P. Airasian. 2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Grondlund, Norman E. 1998. Assessment of Student Achievement 6th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Lado, Robert. 1961. Language Testing. London: Longman Group Limited

Luthfiyyah, Roghibatul. 2008. An Analysis on Difficulty Level of English Try-Out Test 2008 (A Case Study at 3rd of State Senior High School 87 Jakarta). Skripsi pada FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: tidak diterbitkan.

Nitko, Anthony J. 1983. Educational Test and Measurement An Introduction. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Nur, Agustiar Syah. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungannya sebagai Suatu Alternatif (makalah). Padang: UNP.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiersama, William & Stephen G. Jurs. 1990. Educational Measurement and Testing. USA: Allyn and Bacon.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.