STUDI OKSIDASI ANETOL HASIL ISOLASI ADAS MANIS (FOENICULUM VULGARE MILL) DENGAN KMnO4 DAN KTF TWEEN 80

Dwimaryam Suciati

Abstract

Anetol merupakan minyak atsiri hasil isolasi tanaman adas manis (Foeniculum vulgare Mill) yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku sintesis obat disamping peranan lainnya sebagai minyak atsiri pada umumya. Reaktifitas senyawa ini disebabkan karna adanya gugus propenil sebagai substituennya. Reaksi oksidasi pada ikatan rangkap ini merupakan tahap dasar dalam rangkaian sintesis lanjutan menghasilkan berbagai macam obat yang sangat bermanfaat dalam dunia medis. Beberapa oksidator dan KTF telah dikenal dalam bidang sintesis organik. Pada penelitian ini, dilakukan oksidasi anetol menggunakan KMnO4 dengan memanfaatkan kalor yang dihasilkan dan bantuan KTF Tween 80. Reaksi dipantau dengan KLT. Oksidasi anetol ini menghasilkan cairan kekuningan p-anisaldehid dengan rendemen 83,6% dan kemurnian 90,2%. Identifikasi produk yang dihasilkan menggunakan spektrofotometer FT-IR, Spektrometer 1H-NMR dan GC-MS.

Kata kunci: anetol, p-anisaldehid, Tween 80, oksidasi.

References

Guenther, E., 1990, Minyak Atsiri, Jilid IVB, (diterjemahkan oleh : Ketaren, S.), Penerbit UI, Jakarta.

Haines, A. H., 1985, Methods for Oxidation of Organic Compounds, Academic Press Inc., New York.

Handayani, S., 2000, Sintesis 4’-metoksiflavanon Menggunakan o-Hidroksiasetofenon dan p-Anisaldehid dari Minyak Adas, Tesis, Program Pascasarjana Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta.

Pranowo, D., Martono, E., Suputa., Muchalal., Wahyuningsih, T. D. & Afandi, M. Y. 2008. Synthesis of 4-(4-methoxy-phenyl)-3-butene-2-on and The Activity Test as a Fruit Flies Atractant. Indo. J. Chem., 2008, 8 (2), p.231-235.

Rahyu, M. G. 2002. Pemanfaatan Anetol dalam Minyak Adas untuk Pembuatan Turunan Antibiotik C-9154. Tesis S2, Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Risfaheri & Makmun, 1998, Karakteristik Minyak Adas, Warta Tumbuhan Obat Indonesia, 4, 1, 14-15.

Sastrohamidjojo, H. & Pranowo, H. D., 2009, Sintesis Senyawa Organik, Erlangga, Jakarta.

Smith, M. B. & March, J., 2001, March Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 5th edition, John Willey & Sons, Inc. New York.

Waumans, D., Bruneel, N. & Tytgat, J., 2008, Anise Oil as Precursor for Phenylethylamine Designer Drugs of The 2C-X Family, Belgium, www.toxycology.be, diakses tanggal 20 Maret 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.