ANALISIS KEHILANGAN MINYAK ( OIL LOSSES) DI STASIUNPRESS PABRIK KELAPA SAWIT

M.Taufik Eka Prasada, Nopa Eska

Abstract


Suatu produksi minyak sawit dapat dikatakan memiliki efisiensi tinggi jika persentase kehilangan minyak (oil losses rendah. Kendati demikian, persentase kehilangan (oil losses) ini masih belum bisa ditiadakan, karena sangat sulit untuk mencegah terjadinya kehilangan minyak tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi oil losses pada proses pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi CPO. Faktor yang paling menentukan adalah tekanan pada stasiun pengepresan (screw press) dan buah yang tidak masak. Penggunaan tekanan press yang kecil akan menghasilkan kadar oil losses yang besar, sedangkan penggunaan tekanan prees yang besar akan menghasilkan tingginya biji kelapa sawit yang pecah pada stasiun press. Kehilangan minyak dapat diketahui dengan metode ekstraksi dan bahan pelarutnya n-heksan yang dilakukan di laboratorium PT. Bintara tani nusantara,Tbk. Dari tujuh kali percobaan diperoleh persen kehilangan minyak pada pada cake press di stasiun press yaitu 6,57%, 6,59%, 6,63%, 7,29%, 7,56%, 8,56% dan 8,89%. Standar persen kehilangan minyak di pabrik kelapa sawit < 8%. Dari data yang ada maka lima data memenuhi standar yaitu 6,57%, 6,59%, 6,63%, 7,29%, 7,56%, sedangkan dua data tidak memenuhi standar persen kehilangan minyak, yaitu 8,56% dan 8,89%.

Kata kunci: cpo, oil losses, cake press

References


Bachtiyar, C. Amrillah, R. 2011. Setting parameter mesin press dengan metode respon permukaan pada pabrik kelapa sawit, Jurnal Riset Industri Vol V, No.2: hal 153-160.

Devani, V. Marwiji, 2014. Analisis Kehilang-an Minyak Pada Crude Palm Oil (Cpo) Dengan Menggunakan Metode Statistical Process Control, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 1: pp.28-42.

Fricke, T.B. 2009. Buku Panduan Pabrik Kelapa Sawit Skala Kecil untuk Produksi Bahan Baku Bahan Bakar Nabati (BBN), USAID /Indonesia.

Saputra, E. 2011. Oil Losses dan Pengaruhnya Terhadap Produktifitas , laporan penelitian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.