APLIKASI LINEAR PROGRAMMING UNTUK OPTIMASI KEUNTUNGAN PADA UKM PERABOT ON

Edo Rantou Wijaya, Rima Sari Rahmadani

Abstract


UKM perabot On merupakan UKM yang sedang berkembang, memiliki masalah untuk mencapai keuntungan maksimal. Keuntungan maksimal dapat diperoleh dengan menerapkan metode optimasi dalam melakukan proses produksi yang memiliki keterbatasan dari sumber daya melalui kapasitas produksi. Metode optimasi yang umum digunakan untuk mendapatkan keuntungan maksimal adalah programa linier (Linear Programming). Keuntungan maksimal melalui linear programming dapat diperoleh dengan menggunakan bantuan aplikasi perangkat lunak POM-QM dengan menentukan jumlah produksi untuk setiap produk yang paling potensial. Pada UKM perabot On produk yang paling potensial adalah pintu dan jendela, berdasarkan pengolahan menggunakan POM-QM untuk kendala menggunakan seluruh bahan baku diperoleh keuntungan maksimal sebesar Rp. 3.000.000,- dengan produksi lima unit pintu dan nol unit jendela. Hasil pengolahan menggunakan POM-QM memberikan jumlah unit produksi per hari dan keuntungan yang berbeda dengan kondisi riil. Penetapan model matematik pada kasus UKM Perabot On harus dikaji ulang sehingga dapat membantu UKM berkembang dimasa datang.

References


Hilier dan Lieberman. 2005. Introduction to Operation Research 8th edition. Penerjemah Dewa dkk. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Suriani dkk. 2014. Penerapan Program Linier dalam mengoptimalkan Kebutuhan Gizi Harian Bayi Usia 7 Bulan sampai 12 Bulan dengan biaya minimum di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Pasir Pangaraian.

Taha. 2007. Operation Research: an Introduction, 8th edition. Upper Saddle River, NJ 07458. Pearson Education Inc.

Susanto, dkk. 2006. Pemodelan Pemrograman Linier dengan Koefisien Fungsi Objektif berbentuk Bilangan Kabur Segitiga dan Kendala Kabur serta Usulan Solusinya. Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 1 : Hal. 14-27.

Utami. 2013. Penerapan Model Integer Linear Programming (Metode Branch and Bound dan Metode Cutting Plane) dan Analisis Titik Impas (BEP) Multiproduk guna Mengoptimalkan Jumlah Produk (Studi Kasus di CV. Edy Keramik, Jl. Pagerjurang, Klaten, Jawa Tengah). Laporan Tugas Akhir Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Herman. 2008. Penerapan Model Pemrograman Linier dalam Peningkatan Produktivitas dan Kinerja Bisnis. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi. IST AKPRIND Yogyakarta.

Prabowo, dkk. 2014. Penerapan Model Linear Programming untuk Mengoptimalkan Jumlah Produksi Sedotan sehingga memperoleh Keuntungan Maksimal pada PT. Uniplastika Nathalindo. Tesis Universitas Bina Nusantara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.