Pelatihan Pengolahan Minyak Goreng Bekas Industri Kerupuk Kulit Menjadi Sabun Padat di Kelurahan Kamang Magek

Hasnah Ulia, Puji Rahayu, Dedy Rahmad, Rosalina Rosalina, Dwi Kemala Putri, Rara Nurrahmi

Abstract

Kamang Magek adalah salah satu kelurahan di kabupaten Agam, Sumatera Barat yang Sebagian besar warganya adalah petani dan wiraswasta. Wiraswasta yang banyak berkembang di daerah Kamang Magek adalah produksi kerupuk kulit atau “Karupuak Jangek”. Kerupuk ini berbahan baku kulit sapi ataupun kerbau, dimana berdasarkan data Biro Pusat Statistik Sumatera Barat untuk daerah Agam mempunyai unit usaha industri kecil sandang dan kulit sebanyak 1.501 unit usaha formal dan 569 unit usaha non formal termasuk di Kamang Magek. Dari hasil produksi tersebut banyak dihasilkan minyak goreng bekas sebesar ±1000 L perminggunya. Salah satu cara meningkatkan mutu limbah minyak goreng tersebut adalah dengan mengolahnya menjadi suatu inovasi, salah satunya sabun padat. Sabun padat terbuat dari lemak netral dari minyak yang telah keras, dengan proses hidrogenasi, menggunakan alkali NaOH. Terlebih lagi, di masa pandemi saat ini sabun padat banyak dibutuhkan untuk mengurangi potensi penularan COVID-19. Jika kecamatan Kamang Magek mampu memproduksi sabun dari limbah minyak goreng yang dihasilkan maka akan meningkatkan nilai jual dan menambah pendampatan masyarakat setempat.

Keywords

kerupuk, limbah minyak goreng, sabun, COVID-19

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam. https://agamkab.bps.go.id/ . Diakses pada 25 Februari 2022.

Hartono, R., & Suhendi, E. (2020). Pemurnian Minyak Jelantah Dengan Menggunakan Steam Pada Kolom Vigrekdan Katalis Zeolit Alam Bayah. Jurnal Integrasi Proses, 9(1), 20–24. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jip.

Rahayu, L. H., Purnavita, S., Sriyana, Y., Lpld, N., Sriwijaya, J., & Tlp, S. (2014). POTENSI SABUT DAN TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MEREGENERASI MINYAK JELANTAH. 10(1), 47–53.

Saputro, A., Saputra, Y., & Prasetyo, G. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Jurnal Porkes, 3. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2865.

Suhaimi., Alvis, Rozani., Dan Firdaus, Sy. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Journal Faculty of Economics, Bung Hatta University, Vol 14, No. 3. Pg. 1- 5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.